Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen merupakan Lembaga Teknis Daerah Kabupaten Sragen di bidang perpustakaan. Pusat informasi dan Literasi Masyarakat Sragen ini terletak di JL. Raya Sukowati Barat NO. 15 SRAGEN, Jawa Tengah, Indonesia.

Pada tahun 2010, terpilih sebagai Perpustakaan Kabupaten/Kota Terbaik Pertama Se-Jawa Tengah. Telp. 02171 892721 Email perpustakaansragen@gmail.com. NOMOR POKOK PERPUSTAKAAN 33143E1014753.

Mari, Bersama Perpustakaan Kita Cerdaskan Bangsa!


14 Maret 2013

Bupati Sragen Resmikan Gedung Baru Kantor Perpustakaan Daerah Kab. Sragen


 Bupati Sragen Agus Fatchurrahman, SH, MH meresmikan gedung baru Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen, Rabu (13/03). Peresmian gedung baru di jalan Raya Sukowati nomor 15 D tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan untaian melati oleh Bupati.


            Peresmian gedung baru Kantor Perpustakaan Daerah ini dihadiri oleh Bupati Sragen, Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan se-Solo Raya,  Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen, Asisten Sekda Sragen, Ketua DPRD Sragen, Kapolres Sragen, Komandan Kodim Sragen, Kepala Kejaksanaan, Ketua Pengadilan Negeri, Camat, Kepala SKPD, Kepala Sekolah, Kepala Desa, Pengelola perpustakaan desa, perwakilan sponsoship dan masyarakat umum. Total tamu undangan mencapai sekitar 500 orang.
            Acara kemarin juga dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangka Launching Gedung Baru Kantor Perpustakaan Daerah. Adapun daftar pemenang sebagai berikut :
1. Pemenang Lomba Mewarnai
1.  Juara 1                 : Amal Yuliaputri (TK Kalijambe GUPI I)
2.  Juara 2                 : Stevanya R (TK PPI Sragen)
3.  Juara 3                 : Agatha (TK  Asyiyah 1)
4. Harapan 1             : Ananda (TK Asyiyah 5 Jambeyan)
5. Harapan 2             : Faisyah Lilamika (TK Asyiyah 1 Gemolong)
6. Harapan 3             : Sufia R (TK Asyiyah BA 33 Gemolong)
2. Pemenang Lomba Baca Puisi Siswa SD/MI
1. Juara 1                  : Dimas Aji Satria Hidayatullah (SD N 2 Sragen)
2. Juara 2                  : Lovita Dwi Ersandy (SD N Katelan 1 Tangen)
3. Juara 3                  : Maharani Arieffah Sekar Putri (SD N Kroya, Karangmalang)
4. Harapan 1             : Furaida Anjar Pratiwi (SD Aisyiyah Gemolong)
5. Harapan 2             : Istiqamah Harnama (SD Birrul Walidain Sragen)
6. Harapan 3             : Aziza Endrastiti (SBI Gemolong)

3. Pemenang Lomba Baca Puisi Siswa SMP/MTS
  1. Juara 1                : Rafif Abrar Setyahadi (SMP N 1 Sragen)
  2. Juara 2                : Hanifah Iis Purwatiningrum (SMP N 6 Sragen)
  3. Juara 3                : Fakimaru Emmy (SMP N 1 Gemolong)
  4. Harapan 1           : Salma Nabila (SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen)
  5. Harapan 2           : Agustika Dwi Safira (SMP N 2 Gemolong)
 6. Harapan 3              : Aulia Rizki Ardiani (MTS N Gondang)
4. Pemenang Lomba Baca Puisi Siswa SMA/SMK/MA
 1. Juara 1                 : Ghozali Saputro (SBBS Gemolong)
 2. Juara 2                 : Binar Arco Gumilar (SMA N 1 Sragen)
 3. Juara 3               : Gadis Ayu Puspitasari (SMA N 3 Sragen)
4. Harapan 1             : Niken Febriani Safitri (SMK N 1 Kalijambe)
5. Harapan 2              : Gabrilla Hersinta Putri (SMA N 2 Sragen)
6. Harapan 3              : Nurhayati Pentasari (SMA N 1 Gondang)
            Acara ini dimeriahkan dengan pembacaan puisi yang bernuansa perpustakaan karya Taufik Ismail. Dimas Aji Satria Hidayatullah (Juara 1 Lomba Baca Puisi SD) membaca puisi berjudul ”Kupu-kupu Dalam Buku”, Rafif Abrar Setyahadi (Juara 1 Lomba Baca Puisi SMP) membaca puisi ”Mencari Sebuah Masjid” dan Ghozali Saputro (Juara 1 Lomba Baca Puisi SMA) membaca ”Aku Ingin Menulis Puisi Yang”.
            Pada acara ini Bupati Sragen juga menyerahkan piagam kepada Bank Jateng atas partisipasinya memberikan dana CSR Bank Jateng dalam rangka pengembangan Perpustakaan Keliling Kabupaten Sragen dan kepada Coca Cola Foundation Indonesia atas partipasinya dalam bantuan program perpuseru kepada Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen.
            “Gedung baru ini telah dipergunakan sejak tanggal 2 Januari 2013 lalu”, ujar Kepala Kantor Perpusda Sragen Dra. Tri Andiyas Wororetno dalam laporannya. Dalam kurun waktu dua bulan ini perpusda telah menyelenggarakan beberapa kegiatan. Kegiatan tersebut diantaranya lomba mewarnai untuk tingkat Taman Kanak- Kanak, Lomba membaca puisi untuk tingkat SD/MI, SMP/ MTs dan SMA/SMK serta pelatihan jumputan dan membatik bagi PKK dan anggota Karang Taruna.
 Lebih lanjut Dra. Tri Andiyas Wororetno menjelaskan perpusda Sragen sejak tahun 2009 lalu telah terpilih sebagai juara II perpustakaan umum tingkat Jawa Tengah dan pada tahun 2010 meningkat menjadi juara I di tingkat Jawa Tengah. Sedangkan pada tahun 2012 lalu Perpusda Sragen dipercaya oleh Bank Jateng untuk menerima bantuan CSR senilai Rp 810.000.000,00. Bantuan tersebut berupa 25 ribu eksemplar buku, laptop serta LCD. Selain CSR dari Bank Jateng, Perpusda Sragen juga menjadi salah satu dari 35 perpustakaan se Indonesia yang mendapatkan bantuan program PERPUSERU dari Coca – Cola Foundation Indonesia.
Dengan dipindahkannya gedung perpusda menjadi lebih strategis diharapkan mampu meningkatkan jumlah pengunjung ke perpustakaan. Saat ini pengunjung perpustakaan setiap harinya mencapai 300-400 orang. Diharapkan mampu meningkat menjadi 1.000 orang setiap hari. Karena indikator dari kesuksesan suatu perpustakaan tersebut adalah meningkatnya jumlah pengunjung untuk mengakses buku ataupun internet dan layanan perpustakaan  lainnya.
Senada dengan Kepala Kantor Perpusda, Bupati dalam sambutannya berharap dengan perpindahan ke tempat yang lebih strategis ini akan meningkatkan jumlah pengunjung setiap harinya. Diharapkan mampu membuat anak – anak muda “Gila” untuk membaca buku. Gila dalam hal ini bisa menjadikan membaca sebagai bagian dari hidup dan merasa kurang saat tidak berdekatan dengan buku.
Dalam kesempatan ini pula, Bupati Sragen berpesan agar para Kepala Sekolah dan Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan agar peduli dengan program-program perpustakaan. “Bagi yang tidak peduli, tolong laporkan  saya! Masih cukup banyak yang antri untuk menggantikan mereka,” tegas Bupati Sragen. Selain itu, Bupati Sragen juga menandaskan bahwa di setiap eks kawedanan akan didirikan perpustakaan agar budaya membaca juga menular hingga ke pelosok kecamatan dan desa.






0 komentar:

Posting Komentar